Iklan

Iklan

,

Iklan

Dongkrak Perekonomian Masyarakat, Pemdes Tumpeng Lumajang Bangun Jalan Rabat

15 Jun 2024, 21.53 WIB

 


Kepala Desa Tumpeng M. Deny Purwadi, ketika di pembangunan jalan rabat, Sabtu (15/6). (Dok Riyaman).


LUMAJANG, Transparansi.co.id - Guna meningkatkan roda perekonomian masyarakat, Pemerintah Desa Tumpeng, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur melakukan pembangunan jalan rabat beton di Dusun Besuk Selatan desa setempat.


Kepala Desa Tumpeng M Deny Purwadi SH ketika di konfirmasi, Transparansi.co.id pada Sabtu (15/6) di lokasi pembangunan rabat beton mengatakan, bahwa pembangunan tersebut sengaja dilakukan guna untuk meningkatkan roda perekonomian masyarakat. 


Disampaikannya, jalan desa yang berada di Dusun Besuk Selatan RT 01 RW 04 merupakan akses permukiman padat penduduk dan sekaligus akses menuju lahan pertanian masyarakat.


“Dengan dibangunnya jalan ini saya berharap bisa meningkatkan perekonomian warga, karena jalan ini merupakan akses menuju lahan pertanian warga. Sehingga warga bisa dengan nyaman melintas saat melakukan aktivitas pertanian,” terang Deny kemudian.


Deny menjelaskan, bahwa pembangunan jalan rabat beton tersebut merupakan hasil dari musyawarah desa (musdes) pada tahun 2023 silam.


“Pembangunan insfratruktur ini menggunakan anggaran dana desa tahun 2024, sebesar Rp83 juta. dengan volume lebar 3 meter dan panjang 139 meter. Dan itu semua setelah pemerintah desa melakukan musdes dengan masyarakat,” jelasnya.


Deny berharap, nantinya jalan yang telah dibangun itu bisa bermanfaat bagi masyarakat.

 "Dengan terlaksananya kegiatan ini, diharapkan akses transportasi di Desa Tumpeng menjadi lebih baik, sehingga dapat menunjang berbagai aktivitas ekonomi, sosial, dan pendidikan masyarakat setempat," harapnya.


Kepada masyarakat, Deny berharap, agar ikut serta dalam merawat insfratruktur yang telah dibangun. 


"Mari bersama sama merawat jalan ini, agar insfratruktur yang sudah di bangun ini bisa bertahan lama," ajaknya.


Sementara itu, warga sekitar mengaku senang dengan adanya pembangunan jalan rabat beton,, karena jalan yang telah dibangun oleh pemerintah desa itu merupakan jalan pemukiman penduduk dan sekaligus akses menuju lahan pertanian masyarakat.


“Saya berterimakasih kepada pemerintah desa yang mana telah membangun jalan ini, sehingga warga yang melintas di jalan ini tidak lagi terasa gronjal-gronjal,” papar Jumali.


(Riyaman)

Iklan