Iklan

Iklan

,

Iklan

Grebeg Suro, Pemdes Karangrejo Lumajang Tumpengan di Balai Desa

17 Jul 2024, 20.07 WIB

 


Pemerintah Desa Karangrejo, saat acara Grebeg Suro, di balai desa setempat, Rabu (17/7). (Dok Riyaman)



LUMAJANG, Transparansi.co.id - Pemerintah Desa Karangrejo, Kecamatan Yosowilangun, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur menggelar acara Grebeg Suro dalam rangka memperingati hari 1 Muharram dengan menggelar tumpengan, di balai desa setempat, Rabu (17/7/2024).


Acara tersebut diselenggarakan untuk menyambut pergantian Tahun Baru Islam (Muharam) atau dalam kalender masyarakat Jawa dikenal dengan bulan Suro. 


Tak terlalu mewah, namun masyarakat antusias dalam membawa tumpeng ke balai desa. Tumpeng tersebut dilengkapi dengan lauk pauk beraneka macam.


Puluhan ancak (nasi yang diletakkan di atas daun pisang) juga disiapkan untuk dimakan bersama dengan masyarakat yang datang, pada acara yang digelar setahun sekali tersebut.


Disela kegiatannya, Kepala Desa Karangrejo, Bambang Pujiono, ketika dikonfirmasi transparansi.co.id menyampaikan, bahwa kegiatan tersebut dalam rangka Grebeg Suro memperingati 1 Muharram 1446 Hijriah.


"Alhamdulillah, semua masyarakat datang untuk mengikuti acara ini," paparnya.


Disampaikannya, kegiatan tersebut dimulai dari pukul 08.00 - 10.00 wib. Ia berharap desa yang dipimpinnya dilindungi oleh tuhan yang maha kuasa dan di jauhkan dari bala musibah, masyarakat diberikan kesehatan dan rezeki yang melimpah.



"Semoga kedepannya semua masyarakat Karangrejo diberikan kesehatan, diberikan rezeki yang melimpah, dan di jauhkan dari bala musibah, serta hasil panennya melimpah," harapnya.


Terpantau hadir dalam kegiatan tersebut, diantaranya forkopimka Yosowilangun, tokoh masyarakat, tokoh agama, RT / RW dan masyarakat.

(Riyaman)

Iklan