Iklan

Iklan

,

Iklan

Prolanis Day Meriahkan HUT ke 56 BPJS Kesehatan di Kabupaten Jember

16 Jul 2024, 13.32 WIB

 


Kantor BPJS Kesehatan Jember peringati HUT ke 56 dengan Kilinik Pratama Rawat Inap Dokterku Taman Gading pada hari Minggu, (14/07).


Jember, transparansi.co.id - Dalam rangka memeriahkan kegiatan Hari Ulang Tahun (HUT) Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan ke-56 Tahun. Kantor BPJS Kesehatan Jember menyelenggarakan program senam bersama dan pemerikasaan kesehatan Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) bersama dengan Kilinik Pratama Rawat Inap Dokterku Taman Gading pada hari Minggu, (14/07). 



Kegiatan ini adalah program pengelolaan penyakit kronis untuk lansia, program kesehatan yang diinisiasi oleh BPJS Kesehatan memberikan berupa edukasi pentingnya menjaga kesehatan bagi para lansia.



Tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas hidup peserta BPJS yang menderita penyakit kronis melalui pengelolaan kesehatan yang lebih baik dan terpadu. melakukan aktivitas fisik yang teratur dan terarah yang disarankan bagi orang lansia serta pemeriksaan kesehatan bagi para lansia.



Prolanis harus bersinergi dengan seluruh stakeholder untuk memastikan program berjalan efektif dan mencapai tujuannya dengan optimal. Penyakit kronis memerlukan pendekatan yang holistik dan terintegrasi. 



Dengan melibatkan berbagai stakeholder, mulai dari pemerintah, fasilitas kesehatan, tenaga medis, pasien, hingga komunitas, Prolanis dapat memberikan layanan yang lebih menyeluruh. Melalui kolaborasi dengan berbagai stakeholder, edukasi dan kampanye kesehatan dapat menjangkau lebih banyak orang.




 Dukungan dari berbagai stakeholder memastikan bahwa program Prolanis dapat berkelanjutan. Dengan adanya komitmen bersama, program ini tidak hanya bergantung pada satu pihak saja, melainkan menjadi tanggung jawab bersama.



Kepala Cabang BPJS Kesehatan Jember, Yessy Novita menyampaikan, Prolanis Day dengan kegiatan promotif preventif bagi peserta JKN, khususnya peserta Prolanis dalam melakukan perubahan perilaku hidup sehat melalui kegiatan senam Prolanis dan adanya sinergi yang baik antara seluruh stakeholder, Prolanis dapat memberikan dampak yang lebih besar serta berkelanjutan bagi peningkatan kualitas hidup pasien.



“Prolanis atau program pengelolaan penyakit kronis ini merupakan program dari BPJS Kesehatan yang bertujuan meningkatkan kualitas hidup para penderita penyakit kronis dan merupakan kegiatan terintegrasi yang membutuhkan kerja sama atau sinergi solid antara BPJS Kesehatan, Fasilitas Kesehatan dan pasien” Ucap Yessy. 




Salah seorang peserta, Pujihati, mengungkapkan sudah terdaftar pada kepesertaan aktif mulai 2012 mulai jaman PT Askes sampai dengan dikelola BPJS Kesehatan. sebagai peserta segmen PPUPN (Pekerja Penerima Upah Pegawai Negeri) merasa bersyukur memiliki BPJS sudah terjamin akses kesehatanya dan tidak risau jika sewaktu – waktu akses pelayanan kesehatan. 



“Saya terdaftar di kelompok prolanis ini mulai 2019, karena memang saya tensinya tinggi dan sudah sering rawat inap juga. Sehingga memang rutin untuk pemeriksaan pada FKTP Klinik Rawat Inap Dokterku Taman Gading, akhirnya karena rutin saya ikut kelompok prolanis. Program ini saya kira baik sekali, karena pasien sangat diperhatikan sekali, setiap 6 bulan sekali kami check up gratis alhamdulillah berkat BPJS Kesehatan. Kalau pelayanan sangat bagus sekali di RS bagus apalagi di klinik bagus juga, bukan saya bagus-bagusi, tapi emang kenyataanya seperti itu” Ungkap Pujihati.



Tutik Sutianing salah seorang peserta juga menyampaikan apresiasi kepada BPJS Kesehatan dan FKTP yang telah hadir dan memberikan layanan kepada masyarakat. Ini memberikan kemudahan bagi kebanyakan masyarakat. Termasuk pemeriksaan atau sejenisnya yang dilakukan untuk meningkatkan edukasi kepada peserta. melakukan pemeriksaan kesehatan yaitu pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan berat badan, pengukuran lingkar perut, pemeriksaan gula darah puasa serta pemberian makanan tambahan  (PMT) bagi lansia.



“Sudah lama saya terdaftar pada kepesertaan BPJS Kesehatan, dan ikut program prolanis mulai 2015. Saat usia sudah lebih 40 tahun tensi selalu tinggi dan diarahkan untuk selalu kontrol ikut senam setiap hari sabtu. Alhamdulillah pokoknya pelayanan baik sekali makanya saya bersyukur memiliki akses kesehatan yang memberikan kemudahan dalam pelayanan tidak ribet. Rutin ikut untuk pemeriksaan dan ada penyuluhan dari dokter, memberikan edukasi mengenai kesehatan kami. Selamat ulang tahun BPJS Kesehatan semakin jaya dan hebat, mudah dan cepat memuaskan peserta” Tutup Tutik. (Redaksi)



Sumber Humas BPJS kesehatan Kabupaten Jember 

Iklan