Iklan

Iklan

,

Iklan

Peringati HUT RI ke-79 dan Selamatan Desa, Pemdes Sumbersuko Gelar Arak Arakan Hasil Bumi

3 Agu 2024, 15.39 WIB

Kepala Desa Sumbersuko, Ahmad Taufik mengenakan baju putih ber Belangkon di kegiatan arak arakan tumpeng hasil bumi, Sabtu (3/8). (Dok Riyaman).



LUMAJANG, transparansi.co.id - Memperingati HUT RI ke-79 dan selamatan Desa, Pemerintah Desa Sumbersuko, Kecamatan Sumbersuko, Kabupaten Lumajang Jawa Timur menggelar arak arakan hasil bumi, Pengajian dan Gebyar Sholawat, Sabtu (3/8/2024).



Terpantau 43 peserta berkumpul di garis start tepatnya di jalan SMPN 1 Sumbersuko dan siap mengarak hasil bumi yang terdiri dari buah-buahan, sayuran, dan produk hasil panen lainnya diarak ke lapangan desa setempat. Kegiatan tersebut merupakan bentuk sedekah hasil bumi pada bulan Muharram. 


"Sedekah bumi ini adalah sebagai bentuk rasa syukur kami kepada Tuhan dengan rezeki dari pertanian, yang diberikan kepada warga," papar Kepala Desa Sumbersuko, Ahmad Taufik, ketika dikonfirmasi, wartawan di sela kegiatannya.


"Semuanya ada 43 gunungan hasil bumi yang dibawa masyarakat dari jalan SMPN 1 Sumbersuko menuju ke lapangan Sumbersuko ini," sambungnya.


Kegiatan ini, lanjut Ahmad Taufik, adalah atas permintaan warga Sumbersuko.


"Alhamdulillah, kegiatan ini berlangsung aman dan kondusif, dan masyarakat sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini," ujarnya.


Dia berharap, dengan digelarnya arak arakan hasil bumi, pengajian dan Gebyar Sholawat, desa yang ia pimpin dijauhkan dari segala musibah, dan supaya hasil panen dari warga desa Sumbersuko itu bisa melimpah ruah untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.


Selain kegiatan ini, lanjut Ahmad Taufik, masih ada rangkaian kegiatan yang akan di gelar, diantaranya pertandingan Voly antar RW, jalan santai, dan karnaval.


Pak Nimun, Warga RT 05 / RW 06, Desa Sumbersuko ketika berbincang dengan media ini sebelum acara arak arakan hasil bumi di berangkatkan mengatakan, agar selamatan hasil bumi seperti ini selalu di adakan di setiap tahunya. Menurut nya, masyarakat tidak keberatan dalam membawa hasil buminya, demi keselamatan pertanian di desanya. 


"Kegiatan ini memang perlu diadakan, jadi kami sebagai masyarakat sangat berharap agar selamatan seperti ini harus di lakukan di setiap tahunya, agar para petani di Desa Sumbersuko selalu diselamatkan dari hama apapun, dan hasil panennya bisa melimpah," harapnya.


Dikatakannya, bahwa kegiatan pawai hasil bumi tersebut, hanya ini kali di lakukan di desanya. "Waktu kepala desanya pak Imron dulu pernah, dan sekarang ini di pemerintahan kepala desa Pak Ahmad Taufik di adakan kembali.


(Riyaman)

Iklan