Iklan

Iklan

,

Iklan

Miris, Jalan Rabat Beton DD Tahap Satu 2024 Desa Mrawan Amburadul, Anggaran Jadi Sorotan

7 Sep 2024, 23.41 WIB

Penampakan kondisi jalan rabat beton Desa Mrawan. (Dok istimewa)

JEMBER, transparansi.co.id – Proyek jalan rabat beton di Dusun Lengkong Toko, Desa Mrawan, Kecamatan Mayang, Kabupaten Jember diduga kuat dalam pelaksanaan di lapangan tidak sesuai dengan spesifikasi yang ada.


Pasalnya, proyek jalan beton yang tergolong baru selesai dikerjakan itu kondisinya sudah terkelupas dan rusak sekarang ini. Dan diduga ada oknum tertentu memanfaatkan situasi untuk memperkaya diri.


Seorang warga Mrawan inisial ST mengatakan, Dugaan adanya pengurangan bahan material yang menyebabkan rusaknya jalan itu.


Tidak hanya itu, dalam pengerjaan pengolahan campuran beton dinilai dikerjakan secara asal-asalan. Tidak memperhatikan takaran sebagai mana mestinya.



Sementara itu, dari pantauan wartawan di lokasi area jalan beton, tidak ditemukan papan nama ataupun prasasti yang terpasang di lokasi alias proyek siluman.


Terpantau kondisi fisik jalan beton sudah terkelupas dan rusak.


ST juga menyoroti tidak adanya papan informasi dan prasasti yang terpasang di lokasi.


Semestinya, kata dia, pembangunan yang bersumber dari uang negara wajib untuk memasang papan informasi sebagai bentuk transparansi kepada masyarakat.


Dengan adanya papan informasi, lanjut ST, masyarakat bisa mengetahui besaran anggaran dan kegunaannya termasuk volume pekerjanya.


“Yang di sebelah utara itu kayaknya bahannya kurang matang. Mungkin materialnya dikurangi, makanya sudah mulai rusak. Gak tahu berapa anggarannya, soalnya gak ada papan nama,” ucap warga berinisial ST, Sabtu (7/9/2024).




Sementara, Kepala Desa Mrawan, Salim, lagi lagi tidak merespon upaya konfirmasi dan klarifikasi via WhatsApp hingga berita ini diterbitkan.



Tangkapan layar link PPID Kabupaten Jember 


Sementara itu, berdasarkan situs resmi Pemerintah Kabupaten Jember ppid.jemberkab.go.id, bahwa sejumlah proyek pembangunan di Desa Mrawan yang bersumber dari dana desa tahap satu tahun 2024 sudah dilakukan monitoring evaluasi (Monev) pada Kamis 20 Juni 2024.

Tiga proyek pembangunan yang di Monev, yaitu pengaspalan, pembangunan jalan rabat beton dan pembangunan jalan paving yang berlokasi di Dusun Lengkong Toko, Desa Mrawan, Kecamatan Mayang.

Pemeriksaan fisik bangunan melibatkan tenaga ahli dari Dinas PU Kabupaten Jember dengan didampingi Muspika Kec. Mayang, Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa.


(Herman) 

Iklan